Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KPM » Perwakilan UP45 mengikuti Studi Banding dalam Program Asuh Menuju Program Studi Unggul Tahun 2017

Perwakilan UP45 mengikuti Studi Banding dalam Program Asuh Menuju Program Studi Unggul Tahun 2017

(22 Views) August 22, 2017 3:23 am | Published by | No comment

Dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2017. Program ini ditujukan kepada Perguruan Tinggi Unggul untuk melaksanakan pembinaan kepada Perguruan Tinggi lain (PTS) yang masih memiliki prodi yang terakreditasi C.

Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu perguruan tinggi dengan kategori unggul termasuk salah satu dari 26 perguruan tinggi yang mendapatkan amanah dari Dirpenjamu untuk menyelenggarakan Program Asuh Menuju Prodi Unggul di tahun 2017 ini. Dalam melaksanakan program ini UII menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi mitra, masing-masing Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45), Universitas Islam Makassar (UIM), dan Universitas Islam Sumatera Utara Medan (UISU).

Pada kesempatan kali ini, beberapa prodi UP45 ke UII untuk melakukan studi banding ke prodi terkait. Perwakilan dari UP45 menghadirakan Rektor, Wakil Rektor Bidang I, II, dan II, serta perwakilan dari program studi Ilmu Hukum, Psikologi, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, dan Teknik Perminyakan. Aktivitas ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan dan menggali lesson learned dari pengalaman prodi UII dalam upaya peningkatan dan pemeliharaan status akreditasi. Kegiatan Studi Banding dllaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2017.

Acara pada hari pertama dilaksanakan di Gedung Pertemuan Perpustakaan Lantai 2 UII. Pada acara tersebut disampaikan beberapa hal meliputi penyampaian tata kelola manajemen perguruan tinggi oleh Dr. Nur Feriyanto (Wakil Rektor 2 UII), penyusunan visi, misi, dan tujuan institusi oleh Dr. Fathul Wahid (Kepala Badan Sistem Informasi UII, strategi peningkatan status akreditasi oleh Prof. Hari Purnomo (Kepala Badan Perencana UII), Presentasi dan diskusi perkembangan laporan asesmen diri dan rencana tindak oleh masing-masing ketua atau perwakilan prodi asuh Presentasi dan diskusi perkembangan penyusunan struktur organisasi penjaminan mutu oleh perwakilan lembaga penjaminan mutu prodi asuh. Selanjautnya acara dilanjutkan sesi ramah tamah di Resto Jejamuran Jalan Magelang.

Pada hari kedua, acara dilaksanakan di masing-masing fakultas/prodi. Kegiatan yang dilakukan meliputi penjelasan oleh Ketua Program Studi mengenai upaya peningkatan status akreditasi, kurikulum, dan penjaminan mutu program studi serta diskusi upaya peningkatan status akreditasi, kurikulum, dan penjaminan mutu program studi.

Categorised in: KPM

No comment for Perwakilan UP45 mengikuti Studi Banding dalam Program Asuh Menuju Program Studi Unggul Tahun 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *