KPM UP45 Mengikuti Program Magang di BPM UII


 

 

Universitas Islam Indonesia melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) memberikan kegiatan magang sebagai implementasi Hibah Program Asuh Menuju Prodi Unggul. Kegiatan magang diikuti perguruan tinggi mitra, masing-masing Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45), Universitas Islam Makassar (UIM), dan Universitas Islam Sumatera Utara Medan (UISU). Aktivitas magang ini diikuti oleh personil lembaga penjaminan mutu dari perguruan tinggi mitra terkait praktik penyusunan dokumen dan praktik sistem penjaminan mutu (SPM) di Badan Penjaminan Mutu UII (BPM).

Sistem Penjaminan Mutu sangat diperlukan bagi universitas. Dengan SPM, institusi merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi programnya secara konsisten. Sehingga perbaikan berkelanjutan akan senantiasa dilakukan pada institusi tersebut. Dalam kaitannya dengan akreditasi, SPM juga sangat penting perannya. SPM akan mengawal secara rutin ketercapaian parameter-parameter dalam borang akreditasi disertai dengan analisis yang mendalam. Untuk membangun awal SPM  diperlukan pemahaman dan wawasan tentang muatan dokumen dasar SPM, diantaranya adalah dokumen kebijakan SPM, dokumen manual SPM, dokumen standar SPM, dan formulir SPM, dengan fokus pada materi akreditasi Prodi.

Untuk membangun infrastruktur SPM yang baik diperlukan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan mensinergikan berbagai referensi muatan SPM. Dalam rangka untuk penyusunan dokumen-dokumen tersebut maka diperlukan pendampingan dan penyampaian best practice di UII. Proses pendampingan dan belajar best practice dari UII akan lebih efektif dilakukan dengan aktivitas magang. Dengan magang, peserta dapat melihat langsung sekaligus merasakan SPM di UII, dan diharapkan melalui aktivitas magang pendampingan akan lebih efektif.

Pada kesempatan kali ini, UP45 mengirimkan 3 orang personil untuk mengikuti kegiatan magang yaitu Drs. Bambang Sugeng Dwiyanto, MM selaku Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) UP45, Nurmalasari, ST, M.Eng selaku Ka. Bidang Pelatihan dan Kerjasam KPM UP45, dan Janser Aldomoro, M.Sc selaku Koordinator Pengendali Dokumen KPM UP45. Tujuan dari pelaksanaan aktifitas magang ini adalah untuk mempraktikkan penyusunan dokumen dasar SPM dan mempraktikkan penyusunan dokumen SAR dan borang akreditasi Prodi. Kegiatan magang dilaksanakan pada tanggal 21-26 Agusut 2017 di Kantor Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII.

Kegiatan magang diawali dengan diskusi dokumen rencana tindak Sistem Penjaminan Mutu khususnya terkait persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil proses akreditasi yang telah disiapkan oleh masing-masing LPM PT Asuh. Berikutnya adalah kegiatan utama magang yaitu workshop pembuatan dokumen mutu dan pendampingan pembuatan dokumen mutu. Materi workhop adalah pembuatan dokumen SPM, standar SPM, dan manual SPM. Setelah setiap masing-masing materi workshop selesai, kemudian dilanjutkan dengan praktik penyusunan masing-masing dokumen mutu tersebut. Kegiatan magang diakhiri dengan presentasi dari masing-masing LPM PT Asuh untuk menampilkan dokumen yang telah disusun. 

Output dari aktivitas magang ini adalah ketersediaan dokumen struktur organisasi sistem penjaminan mutu sampai level prodi, dokumen penilaian (asesmen) kesiapan SPMI yang berfokus pada akreditasi, erncana tindak sistem dan mekanisme penjaminan mutu institusi dan dokumen Manual Evaluasi Pelaksanaan SPM (Manual AMI).