Workshop Auditor Mutu Internal


Dalam rangka peningkatan kompetensi dasar sumber daya manusia pengelola sistem penjaminan mutu pada perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Kopertis Wilayah V menyelenggarakan Workshop Auditor Mutu Internal Tahap I. Kegiatan Worksop dilaksanakan pada tangga; 28-29 Agustus 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Kopertis Wilayah V.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan auditor internal perguruan tinggi yang siap melakukan audit mutu internal perguruan tinggi mereka sendiri dan atau perguruan tinggi lain di sekitarnya dalam rangka pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) khususnya pada siklus Evaluasi. Audit Internal terhadap mutu pendidikan tinggi menggunakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti) perlu mendapat perhatian untuk pencapaian mutu sesuai harapan seluruh pemangku kepentingan pendidikan tinggi.

Workshop Audit Mutu Internal Tahap I ini diikuti 36 peserta dari 8 (delapan) perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, yaitu Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Universitas Respati Yogyakarta, IKIP PGRI Wates, Institut Pertanian Instiper, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD), STBA Lia Yogyakarta, dan STMIK El Rahma. UP45 menugaskan 6 (enam) orang untuk mengikuti workshop, yaitu Ir. Bambang Irjanto, MBA; Drs. Bambang Sugeng Dwiyanto, MM; Drs. Jemadi, MM; Drs. Oberlin Silalahi, M.Si; Dewi Handayani Harahap, S.Psi, M.Psi; dan Sukirno, SH, MH.

Pada hari pertama, disampaikan tentang Pentingnya Audit Mutu Internal dan dilanjutkan pretest. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi Teori Audit Mutu Internal, Teori Perencanaan Audit Mutu Internal dan Teori Pelaksanaan Audit Mutu Internal. Acara diakhiri dengan kegiatan audit dokumen oleh peserta workshop.

Pada hari kedua, seluruh peserta workshop melakukan praktik Audit Lapangan (Site Visit) di Universitas lokasi praktik. Kemudian setelah kembali ke Kopertis, peserta mempresentasikan hasil audit yang telah dilakukan. Acara ditutup dengan posttest.